KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper Review-Gambir (GMR)
KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper

Kereta Api merupakan salah satu transportasi yang banyak diminati oleh orang-orang Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kursi di dalam kereta api selalu penuh terisi penumpang. Ada 4 jenis kelas Kereta Api Indonesia yaitu kelas ekonomi, executive, bisnis dan luxury. Setiap rangkaiannya memiliki perbedaan kelas dan fasilitas yaitu kapasitas gerbong, kursi penumpang dan harga tiket. Jarak tujuan untuk pengguna kereta api juga akan mempengaruhi harga tiketnya, pastikan untuk memilih jenis kelas kereta api sesuai kebutuhan. The Sharks akan mencoba salah satu kelas kereta api termewah pertama dan tercepat di Indonesia. Yuk baca review kita, KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper Review-Gambir (GMR) sampai akhir!

Our Trip – KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper Review-Gambir (GMR)

Jakarta telah menjadi tempat kedua The Sharks untuk memulai perjalanan sebelum menjelajahi tempat-tempat indah yang ada di Indonesia. Saat ini, Stasiun Gambir (GMR) masih menjadi tempat Stasiun pemberangkatan paling disukai The Sharks untuk kembali ke home base yang berada di Surabaya. Perjalanan menuju Kota Pahlawan ini akan ditempuh sekitar 9 jam menggunakan KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper. Kereta ini menjadi kereta tercepat di Pulau Jawa karena kereta jenis lain biasanya menghabiskan waktu sekitar 10-15 jam dengan rute yang sama.

Kereta Api luxury ini melayani rute dari Jakarta ke Surabaya dua kali untuk pulang pergi setiap hari dan akan berhenti di beberapa stasiun saja. Sebenarnya kereta ini masih satu rangkaian dengan KAI Argo Bromo Anggrek, namun hanya kelas gerbongnya saja yang berbeda. Letak kereta api luxury ini terdapat dipaling belakang rangkaian. Untuk jadwal pemberangkatan kereta luxury ini dimulai pukul 08.00 pagi dari Jakarta (GMR) dan sampai di Surabaya (SBI) sekitar pukul 04.00 sore.

Tujuan Stasiun Pasar Turi
Keberangkatan dari Stasiun Gambir (GMR) ke Stasiun Pasar Turi (SBI)

The Facts – KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper Review-Gambir (GMR)

Pemandangan dari dalam kereta
Jendela Kereta yang bisa diatur sesuai keinginan

Tidak hanya harga tiket yang berbeda jauh, tapi fasilitas nya pun juga tidak sama dibandingkan kereta lain yang ada di Indonesia. Harga tiket untuk kereta api luxury ini sekitar Rp. 1.300.000, sedangkan untuk kereta lainnya sekitar Rp. 225.000-Rp. 500.000 dengan rute yang sama dari Jakarta ke Surabaya. Untuk jumlah penumpang kursi luxury dalam satu gerbong sangat terbatas, hanya ada 18 kursi. Jadi untuk kereta api kelas luxury ini memiliki kelebihan dimana penumpang akan memiliki tempat pribadinya sendiri.

The Sharks suka jendala yang luas dengan penutup yang bisa diatur sesuai keinginan. Jika ingin istirahat tidur atau tidak terlalu suka terkena cahaya sinar matahari dari luar, maka tarik jendela kebawah dan dibuka lagi dengan cara menarik kembali jendela nya kebawah hingga penutupnya terbuka. Tidak hanya memiliki jendela ini secara pribadi, penumpang juga bisa menikmati pemandangan lebih puas.

Mask
Tersedia Maker wajah dan tisu basah

Setelah masuk ke dalam kereta api luxury ini, pramugari kereta api memberikan sebuah healthy kit yang berisi masker wajah dan tisu basah didalam kemasan kantong zipper secara gratis. Hal ini merupakan salah satu upaya KAI untuk membantu mengurangi penyebaran covid19 yang masih menyebar di Indonesia. Tidak hanya sertifikat vaksin, pemakaian masker wajah menjadi hal wajib saat naik kereta api sebagai bentuk peningkatan pelayanan agar para penumpang tetap merasa aman dan nyaman.

Handuk Hangat di kereta
Disediakan handuk hangat

Setelah pemberian healthy kit, pramugari kereta api memberikan handuk basah hangat untuk menyegarkan wajah para penumpang. Ini seperti salah satu pelayanan di pesawat kelas bisnis yang disediakan handuk basah hangat selama perjalanan.

The Space – KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper Review-Gambir (GMR)

Kursi Penumpang
Kursi Kereta Api Sleeper bisa direbahkan 170 derajat.

Kereta luxury ini hanya memiliki satu tempat kursi di setiap barisnya, berbeda dengan executive yang memiliki 2 kursi berpasangan. Tempat duduknya sangat nyaman dan dilapisi kulit sintetis berwarna cokelat. Walaupun kursi luxury ini difungsikan sebagai tempat duduk seperti biasanya, tapi yang menarik adalah kursi luxury ini bisa disandarkan sampai kemiringan 170 derajat dengan kontrol elektrik disebalah kanan dekat jendela. Jadi selama perjalanan jarak jauh, penumpang bisa tidur dengan nyaman. Kaki pun tidak akan menggantung seperti kursi di executive, bisa di luruskan kedepan.

Chairs at Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Kursi Kereta Api Kursi Kereta Api Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper

Pramugari kereta juga memberikan selimut yang bisa digunakan sebelum penumpang tidur karena mengingat AC diruangan luxury ini sangat dingin. Tapi selimut ini tidak untuk dibawah pulang ya. Setelah dirasa tidak ingin beristirahat, maka kursinya bisa dikembalikan seperti posisi awal. Disetiap atas kursi juga ada lampu baca yang berguna untuk penumpang perjalanan malam ketika ingin membaca buku. Pada pagi hari, lampu baca ini tidak terlalu dibutuhkan oleh penumpang.

TV at Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Fasilitas Kereta Api Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper

Dibagian atas ini adalah layar multimedia yang berukuran 12 inch touchsreen yang memiliki layanan game,film dan musik. Untuk menikmati layanan ini maka harus meminjam headset kepada pramugari kereta api. Lalu dibagian bawah disediakan plastik untuk penumpang yang merasa mual dalam perjalanan, dan ruang besar itu adalah tempat untuk meluruskan kaki ketika kursi ditidurkan.

Tombol Elektrik Kursi berfungsi aktif

Semua tombol elektrik ini berfungsi secara aktif untuk mengubah posisi kursi, pencahayaan lampu baca,sambungan layanan multimedia dan tombol pemanggil bantuan pramugari kereta api.

Phone charging at Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Tempat mengisi daya Handphone

Biasanya dikelas executive ada 2 tempat pengisi daya listrik untuk masing-masing penumpang, namun di kereta luxury ini pengisi daya listrik disediakan 2 tempat di setiap kursi untuk setiap penumpang.

Private box at Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Tempat penyimpanan barang-barang penting

Fasilitas lainnya adalah tempat laci dekat jendela yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang berharga seperti tas kecil khusus handphone dan dompet. Penumpang juga bisa meninggalkan handphone dalam keadaan di chas karena terdapat tempat pengisian daya istrik juga didalamnya. Kalau pergi ke toilet atau mau tidur, laci nya jangan lupa dikunci biar aman.

Trash Bin in Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Tempat Sampah

Tempat sampah juga disediakan di setiap kursi kereta luxury agar kereta tetap bersih dan nyaman. Petugas kebersihan selalu datang beberapa jam sekali untuk mengambil sampah atau hanya sekedar bersih-bersih sampah yang ada di lorong kursi kereta.

The Food – KAI Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper Review-Gambir (GMR)

Food at Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Tersedia makanan ringan

Tidak perlu khawatir lupa membawa makanan ringan kedalam kereta, ini juga disediakan selama perjalanan. Ada minuman jeruk, puding dan macam-macam makanan ringan lainnya yang bisa dinikmati sambil melihat pemandangan kota-kota di pulau Jawa.

food Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Menu Utama

Makanan utama ini memiliki porsi yang besar dan dijamin kenyang. Semua makanan dikemas secara higenis dan sudah lengkap dengan sendok garpunya. Didalam box ini semuanya masih hangat, isinya ada nasi, lauk dan timun.

The Drinks

Air Mineral
coffee and tea
Tersedia kopi dan tea

Setiap penumpang diberikan 2 air putih mini yang diletakkan disamping kiri penumpang atau lorong kursi. Lalu kita bisa memesan kopi dan tea hangat jika ingin menghangatkan badan. Pramugari kereta api akan melayani kebutuhan penumpang selama perjalanan atau bisa memesan lewat tombol elektrik di samping kursi.


The Internet

Good internet
Koneksi WIFI

Koneksi WIFI gratis di kereta luxury ini sangat bagus.

The Restrooms

Inside toilet Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper
Toilet Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper

Toilet didalam kereta luxury ini sangat bersih dan bagus.

Final Thoughts

Pemandangan dari luar jendela Argo Bromo Anggrek Luxury Sleeper

Perjalanan menggunakan kereta luxury ini sangat menyenangkan. Tidak hanya menikmati fasilitas nya yang cukup mewah, waktu perjalanannya juga cepat sampai tujuan. Menikmati pemandangan hehijauan pulau jawa yang indah dari dalam jendela, hal ini tidak bisa didapatkan ketika naik pesawat. Namun ada satu hal yang kurang maksimal adalah layanan air putih yang diberikan terlalu kecil untuk perjalanan jarak jauh, akan lebih bagus jika disediakan minuman air mineral yang sedang. BTW, jika anda mau baca review lounge bandara Jakarta, adalah banyak disini, disini, disini, dan….

Final Grades

Connectivity:3/5
Workability3/5
Relaxation:
4/5
Catering:3/5
Alcohol: 0/5
Ambiance:3/5
Total Score13/30